PERAN GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN KULON PROGO

RIZKA NURRAHMAWATI, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa berkesulitan belajar spesifik kelas III di SD Negeri Gadingan Kulon Progo. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu, cara, dan member check. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis Milles & Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (1) guru sebagai informator saat materi membaca, paragraf yang dibaca yaitu 10 paragraf dan tidak sesuai dengan kemampuan siswa, (2) guru sebagai administrator, tidak ada akomodasi kurikulum dalam aspek membaca dan menulis, (3) guru sebagai motivator dapat membangkitkan semangat siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan membaca dan menulis agar tidak lagi tinggal kelas, (4) guru sebagai inovator,menggunakan metode praktek saat materi menulis, penggunaan media pengeras suara saat materi membaca, dan penerapan peer tutor, (5) guru sebagai pengarah, membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan membaca dan menulis dengan mengikuti jalannya diskusi, (6) guru sebagai fasilitator, menyediakan kipas angin dan tempat hasil karya tulis siswa, (7) guru sebagai evaluator, menilai dari proses, sikap, dan hasil akhir siswa, dan (8) partisipasi siswa dalam menyampaikan pendapat lebih pasif atau diam.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter