PENINGKATAN KEMAMPUAN PERSEPSI BUNYI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO KEYBOARD PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SEKOLAH DASAR DI SLB NEGERI SRAGEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan proses peningkatan kemampuan persepsi bunyi menggunaan media audio “keyboard” pada anak tunarungu kelas 1 Sekolah Dasar di SLB Negeri Sragen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa tunarungu kelas 1 Sekolah Dasar yang berjumlah 5 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan persepsi bunyi menggunaan media audio keyboard pada anak tunarungu kelas 1 Sekolah Dasar di SLB Negeri Sragen mengalami peningkatan, yaitu dari hasil pre test menunjukkan 0% tuntas belajar dari 100% belum tuntas. Pada hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 1 siswa (20%) tuntas belajar. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 5 siswa (100%) tuntas belajar dan 0 siswa atau 0% belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan 80% pada siklus II dari siklus I.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: