PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GEJAYAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika bagi siswa
tunagrahita di kelas 4 SD Negeri Gejayan, Depok, Sleman. Penelitian ini meliputi (1) pengorganisasian materi
pelajaran matematika, (2) strategi pembelajaran matematika, (3) hambatan yang dialami selama pelaksanaan
pembelajaran, (4) respon siswa selama pelaksanaan pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang siswa tunagrahita yang berada
di kelas 4. Pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis
data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika untuk
siswa tunagrahita terdiri dari: (1) Sebagian besar dari aspek pengorganisasian materi pembelajaran matematika
untuk anak tunagrahita yang berkaitan dengan program yang bersifat individual belum terlaksana, hanya beberapa
aspek yang terlaksana yaitu siswa tunagrahita ikut serta dalam pelaksanaan pembelajaran dan materi yang diberikan
bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari; (2) Seluruh aspek dalam strategi pembelajaran matematika pada anak
tunagrahita yang meliputi pemberian reinforcement, pemberian punishment, dan materi yang diklasifikasikan
sesuai perkembangan anak belum terlaksana ; (3) hambatan yang dialami guru selama pembelajaran antara lain:
banyaknya anak berkebutuhan khusus yang ada dalam satu kelas dengan kekhususan yang beragam, sehingga
materi yang diberikan masih bersifat umum (4) respon siswa tunagrahita selama pembelajaran positif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: