PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI MELALUI MEDIA BONEKA GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV DI SLBC RINDANG KASIH SECANG

Fachruniza Privita Hardiyanti, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita kategori
sedang kelas IV di SLBC Rindang Kasih Secang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.Subjek
penelitian adalah tiga siswa kelas IV di SLBC Rindang Kasih Secang, yaitu ARH, EPD, dan ILP. Penelitian dilakukan
dalam dua kali siklus terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi..Teknik
pengumpulan data adalah tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Indikator keberhasilan apabila mencapai kriteria ketuntasan minimum sebesar 65%. Hasil penelitian menunjukan
peningkatan pada proses pembelajaran dan kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di
SLBC Rindang Kasih Secang setelah menggunakan media boneka gigi. Selama proses pembelajaran siswa mejadi
lebih aktif, antusias dan tertarik pada materi yang diberikan. Peningkatan kemampuan menggosok gigi dilakukan dari
melakukan pra tindakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil pra tindakan ARH sebesar 62,5%, EPD
sebesar 51,5%, dan ILP sebesar 43,75%. Pada pasca tindakan siklus I didapatkan hasil ARH memperoleh skor sebesar
70,31%, EPD sebesar 73,43%, dan ILP sebesar 62,5%. Pada pasca tindakan siklus I ini ARH dan EPD telah mencapai
kriteria sementara ILP masih berada di bawah kriteria. Pada pelaksanaan tindakan siklus II ARH memperoleh skor
sebesar 81,25%, EPD sebesar 87,50%, dan ILP sebesar 78,12%. Dari hasil tindakan siklus II menunjukan bahwa
masing-masing subjek mengalami peningkatan dan telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65% sehingga tindakan
dihentikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter