KEEFEKTIFAN MEDIA PAPAN MANIK-MANIK TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA AUTIS KELAS IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media papan manik-manik
terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan dalam pembelajaran matematika siswa
autis kelas IV di sekolah khusus autis Bina Anggita Yogyakarta. Aspek yang diamati adalah
perubahan perilaku, durasi waktu dan frekuensi kesalahan ketika mengerjakan tugas.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Single
Subject Research (SSR) dan desain A-B-A’. Subjek penelitian adalah satu siswa autis kelas
IV. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik.
Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa media papan manik-manik efektif meningkatkan
kemampuan operasi hitung penjumlahan pada siswa autis. Peningkatan tersebut dibuktikan
dengan hasil perolehan skor yang meningkat yaitu dari 50 ke 80, durasi waktu pengerjaan
semakin singkat yaitu dari 45 menit ke 39 menit, frekuensi kesalahan yang menurun setelah
dilakukan intervensi dengan menggunakan media papan manik-manik. Hal itu diperkuat
dengan analisis antar kondisi yang menunjukkan perubahan arah dan efeknya meningkat,
perubahan stabilitas dari stabil ke stabil, perubahan level yang meningkat yaitu dari level
perubahan baseline-1 (A1) mengalami peningkatan sebesar +26, begitu pula dari intervensi
ke baseline-2 (A2) mengalami peningkatan sebesar +4, serta persentase overlap yang rendah
yaitu 0% setelah subjek diberikan perlakuan dengan media papan manik-manik .
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: