KEEFEKTIFAN MEDIA DUA DIMENSI PAPAN MAGNETIK TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media dua dimensi papan magnetik terhadap
penguasaam kosakata dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa tunanetra kelas V di SLB A
Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian yaitu
lima siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Desain yang digunakan adalah one group
pre test – post test design. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar dan
observasi. Analisis data tes hasil belajar menggunakan uji statistik non-parametrik berupa tes tanda (sign
test) dan analisis data observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
media dua dimensi papan magnetik efektif terhadap penguasaan kosakata pada pembelajaran bahasa
Inggris untuk siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya perbedaan nilai tes hasil belajar penguasaan kosakata. Sebelum perlakuan, nilai rata-rata pre test
kelima siswa tunanetra yaitu 36,5%, dan setelah diberikan perlakuan sebanyak tiga kali, nilai rata-rata
post test kelima siswa tunanetra yaitu 80%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa adanya perubahan positif
atau selisih antara pre test dan post test yaitu 43,5%. Hasil analisis data tes hasil belajar dengan
menggunakan tes tanda (sign test) menunjukkan p tabel 0,031. Angka tersebut bermakna bahwa p tabel
lebih kecil daripada signifikansi yaitu 0,05.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: