PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BAGIAN TUBUH PRIBADI PADA ANAK AUTISTIK USIA PRAPUBERTAS MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MAGNET DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bagian tubuh pribadi pada anak
autistik usia prapubertas menggunakan media papan magnet di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian
Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan dua
metode yakni metode tes pemahaman konsep bagian tubuh pribadi dan observasi. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan penyajian data dalam bentuk tabel dan
grafik. Hasil penelitian menunjukan bahwa media papan magnet dapat membantu meningkatkan
pemahaman konsep bagian tubuh pribadi pada anak autistik usia prapubertas di SLB Citra Mulia Mandiri
Yogyakarta. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat dari perbandingan nilai subjek ketika pra tindakan,
ranah kognitif hanya memperoleh nilai 22,7 (kategori kurang sekali) dan pada ranah psikomotor
memperoleh nilai 50 (kategori kurang sekali). Pasca tindakan siklus I ranah kognitif meningkat menjadi
100 (kategori sangat baik), namun ranah psikomotor masih belum mengalami perubahan sehingga
dilakukanya tindakan siklus II. Pada tindakan siklus II peneliti mengganti salah satu konten media papan
magnet yang menghasilkan perolehan nilai subjek pada ranah psikomotor meningkat menjadi 75 (kategori
cukup).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: