KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VCD “ALAM DAN TEKNOLOGI” TERHADAP HASIL BELAJAR MENGENAL ALAT TRANSPORTASI DALAM MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB WIYATA DHARMA I SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media VCD “Alam dan
Teknologi” terhadap hasil belajar mengenal alat transportasi pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas IV di
SLB Wiyata Dharma I Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Subyek penelitian
yaitu empat siswa tunarungu kelas IV di SLB Wiyata Dharma I Sleman. Penelitian ini dilakukan dengan
desain one-group pretest and posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi.
Analisis data yang digunakan yaitu statistik nonparametrik dengan tes tanda (sign test). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan VCD “Alam dan Teknologi” efektif terhadap hasil belajar mengenal alat
transportasi. Hasil analisis data menggunakan sign test menunjukkan hasil pengujian p > 0,031. Perhitungan
p berdasarkan perubahan tes hasil belajar mengenal alat transportasi yang menunjukkan nilai post test yang
lebih tinggi dari hasil pretest. Subjek A mengalami peningkatan nilai 44%. Subjek Y mengalami peningkatan
nilai 40%. Subjek S mengalami peningkatan nilai 28%, dan subjek B mengalami peningkatan nilai 40%.
Peningkatan skor tersebut ditunjukkan dengan: 1) siswa mampu menyebutkan macam-macam alat
transportasi darat, laut dan udara; 2) siswa mampu mengklasifikasikan alat transportasi sesuai jenisnya (alat
transportasi darat, laut, dan udara); 3) siswa mampu mengidentifikasi bahan bakar bagi alat transportasi
sesuai arahan guru; 4) siswa mampu mengidentifikasi tempat pemberhentian bagi setiap alat transportasi
sesuai arahan guru.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: