PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB DAYA ANANDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil kemampuan menulis permulaan pada anak cerebral palsy di SLB Daya Ananda melalui teknik latihan graphomotor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa cerebral palsy yang berjumlah 1 orang. Hasil peningkatan proses dalam pembelajaran menulis permulaan melalui teknik latihan graphomotor yaitu subyek mampu memperhatikan instruksi guru, terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, lebih termotivasi dalam menulis permulaan, dan lebih mampu berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama. Teknik latihan graphomotor yang digunakan pada penelitian ini adalah membuat garis horizontal dan vertikal, garis miring, garis lengkung dan garis bergelombang yang dilakukan secara bertahap dan berulang untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf kapital dan huruf kecil, menulis kata serta menulis kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan teknik latihan graphomotor maka kemampuan menulis permulaan anak mengalami peningkatan. Pada siklus 1 subjek AGS mengalami peningkatan pencapaian nilai sebesar 65. Setelah dilakukan perbaikan, pada siklus II subjek AGS mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 22,5 dengan perolehan nilai sebesar 87,5 dari kriteria baik menjadi sangat baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: