KEEFEKTIFAN METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN FASILITAS UMUM PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS III SDLB DI SLB C1 DHARMA RENA RING PUTRA 1 YOGYAKARTA

Sri Nurmayati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji keefektifan metode karya wisata terhadap pemahaman fasilitas pada anak tunagrahita kategori ringan kelas III SDLB di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain one group pre test-post test. Penelitian ini dilakukan dalam lima pertemuan, dengan subjek siswa tunagrahita kategori ringan kelas III SDLB di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra 1 Yogyakarta yang berjumlah 2 siswa dengan inisial IRD dan EAD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode tes prestasi belajar dan metode observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes pemahaman fasilitas kesehatan dengan penghitungan statistik non parametrik sign test. Hasil analisis secara keseluruhan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode karya wisata dalam pembelajaran IPS efektif terhadap kemampuan pemahaman fasilitas kesehatan untuk anak tunagrahita kategori ringan kelas III SDLB di SLB Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Keefektifan tersebut berdasarkan hasil analisis data menggunakan sign test (tes tanda) menunjukkan hasil pengujian p= 0,031 lebih kecil dari p =0,05. Hasil tersebut didasarkan oleh perbandingan pre test dan post test tiap-tiap subjek yang mengalami peningkatan. Nilai pre-test yang diperoleh subyek IRD sebesar 60% dan nilai post-test sebesar 90%, mengalami peningkatan nilai sebesar 30%, sedangkan subjek EAD pada saat pre-test mendapat nilai 50% dan post-test mendapatkan nilai sebesar 80%, kedua sujek mengalami peningkatan nilai sebesar 30%. Penerapan metode karyawisata dalam penelitian ini yaitu a) mengajak siswa mengelilingi tempat fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas dan apotek) sehingga dapat mengidentifikasikan pengertian, ciri-ciri dan kegunaan dari fasilitas kesehatan secara langsung, serta memberikan informasi dan pengetahuan secara langsung mengenai fasilitas kesehatan dengan cara tanya jawab, b) evaluasi dilakukan dengan cara guru meminta siswa menyebutkan dan menjelaskan tentang materi fasilitas kesehatan yang telah diamati selama proses belajar dengan kalimat siswa sendiri.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter