PENGARUH MEDIA PUZZLE GOSOK GIGI (PuGoGi) TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS V DI SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Puzzle Gosok Gigi (PuGoGi) terhadap kemampuan menggosok gigi pada anak tunagrahita kategori sedang kelas V di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Pengaruh media PuGoGi dapat dilihat dari berkurangnya frekuensi kesalahan menggosok gigi yang dilakukan subjek setelah diberikan intervensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan metode A-B-A’. Subjek penelitian merupakan satu siswa tunagrahita kategori sedang kelas V dengan kemampuan menggosok gigi paling rendah dibandingkan siswa lain yang ada di dalam kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media PuGoGi terhadap kemampuan menggosok gigi anak tunagrahita kategori sedang yang ditunjukkan dengan berkurangnya frekuensi kesalahan menggosok gigi yang dilakukan subjek setelah diberikan intervensi. Adapun jumlah frekuensi kesalahan menggosok gigi yang dilakukan subjek pada Baseline-1 (A) yaitu: A1=6, A2=6, dan A3=6, frekuensi kesalahan dapat dikatakan stabil, karena cenderung menetap. Frekuensi kesalahan yang dilakukan subjek selama sesi Intervensi (B) yaitu: B1=4, B2=2, B3=2, B4=0, dan B5=0 sedangkan frekuensi kesalahan menggosok gigi yang dilakukan subjek pada Baseline-2 (A’) yaitu: A’1=2, A’2=2 dan A’3=2.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: