PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN STRUKTUR KALIMAT MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan kemampuan menyusun struktur kalimat melalui model quantum learning pada siswa tunarungu kelas VI SLB Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa tunarungu kelas VI. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Peningkatan proses terlihat pada meningkatnya skor rata-rata aktivitas siswa yang menunjukan kategori amat baik. Skor rata-rata aktivitas ARW sebesar 47,33 pada siklus I dan 60,67 pada siklus II. Skor rata-rata aktivtas SDF pada siklus I 44 dan 59 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model quantum learning dapat meningkatkan hasil tes kemampuan menyusun struktur kalimat pada anak siswa tunarungu kelas VI SLB Wiyata Dharma 1 Sleman Yogyakarta. Peningkatan kemampuan subjek ARW pada siklus I yaitu sebesar 30,55%, dari kemampuan awal 19 menjadi 30. Peningkatan kemampuan subjek SDF pada siklus I yaitu sebesar 16,68%, dari kemampuan awal 19 menjadi 25. Peningkatan kemampuan siswa ditandai dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam membedakan serta menyusun S,P,OK meskipun belum optimal. Pada tindakan siklus II kemampuan ARW meningkat sebesar 38,89% menjadi 33 dan SDF meningkat sebesar 33,33% menjadi 31. Peningkatan kemampuan siswa ditandai dengan kemampuan subyek dalam menyebutkan S,P,O,K serta menyusun struktur kalimat lebih baik dibandingkan pada siklus I. Hal tersebut menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan dan tujuan penelitian telah tercapai.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: