PENINGKATAN PEMAHAMAN KOSAKATA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 3 SLB B GEMOLONG, SRAGEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata menggunakan metode
Problem Based Learning pada anak tunarungu kelas 3 SLB B Gemolong Sragen. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa tunarungu kelas Dasar 3
di SLB B Gemolong yang berjumlah 4 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, berkolaborasi dengan guru kelas.
Siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Pengumpulan data kemampuan
pemahaman kosakata dilakukan dengan metode tes, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang
digunakan dengan teknik komparatif antara hasil tindakan dengan indikator keberhasilan tindakan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman kosakata siswa. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai yang dicapai seluruh siswa pada post test 2 mengalami peningkatan nilai dan mencapai
kriteria ketuntasan minimal sebesar 64.Nilai tertinggi diperoleh subjek BG dengan nilai 96 dan nilai terendah
diperoleh subjek VI nilai 73. Peningkatan yang terjadi pada post test 2 tidak terlepas dari modifikasi yang
dilakukan, yaitu mengubah proses belajar siswa seperti, guru masuk dalam kelompok untuk menarahkan jalannya
diskusi, guru tegas terhadap siswa yang kurang memperhatikan dan memberikan reward kepada siswa yang belajar
dengan maksimal. Peningkatan ini juga didukung oleh keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung. Dapat
disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman kosakatatunarungu kelas 3 SLB B Gemolong Sragen meningkat
setelah digunakan metode Problem Based Learning.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: