PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT EMPING MELINJO BAGI SISWA TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK KELAS XI DI SLB MARSUDI PUTRA II PANDAK BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran
keterampilan vokasional membuat emping melinjo bagi siswa tunagrahita mampu didik
kelas XI di SLB Marsudi Putra II Pandak Bantul, Yogyakarta, 2) untuk mengetahui
kesulitan selama proses pembelajaran keterampilan vokasional membuat emping
melinjo 3) upaya mengatasi kesulitan dalam pembelajaran keterampilan vokasional
membuat emping melinjo.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif.
Subjek dalam penelitian adalah tiga siswa kelas XI SMLB tunagrahita mampu didik.
Pelaksanaan penelitian pada bulan Desember 2011 sampai dengan bulan Maret 2012.
Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data kemudian
mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat didiskripsikan sebagai berikut: 1) pelaksanaan
pembelajaran keterampilan vokasional membuat emping melinjo bagi siswa tunagrahita
mampu didik yang meliputi langkah‐langkah pembelajaran dimulai dari menetapkan
materi, tujuan, fasilitas pembelajaran, menentukan waktu dan tempat kegiatan serta
pembuatan langkah‐langkah pembelajaran. Materi pembelajaran keterampilan
vokasional membuat emping melinjo meliputi menyiapkan alat , menyiapkan bahan,
menggoreng biji melinjo, mengupas kulit cangkang biji melinjo , memukul biji melinjo,
menjemur emping, mengangkat emping, mengemas emping. Metode yang digunakan
dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional membuat emping melinjo
adalah metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. 2) kesulitan
yang dihadapi pembelajaran keterampilan vokasional membuat emping melinjo
adalah:motivasi dari diri subjek rendah dan belum memiliki ruang keterampilan yang
permanen 3) Upaya mengatasi kesulitan dengan memberikan reward kepada subjek
dan mengkondisikan ruangan agar kondusif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: