PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PERMAINAN MENCARI JEJAK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kemampuan membaca
pemahaman melalui permainan mencari jejak anak tunagrahita ringan. Jenis
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan
secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas III
di SLB N 1 Bantul yang berjumlah 4 orang. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan tes. Instrumen
penelitian menggunakan pedoman observasi dan tes. Analisis data yang
digunakan diskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan mencari jejak
dalam pembelajaran membaca pemahaman dapat meningkatkan kemampuan
membaca anak tunagrahita kelas III di SLB N 1 Bantul. Hal ini dapat dilihat dari
nilai post test yang telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan
yaitu mencapai skor 65.
Deskripsi peningkatan kemampuan memahami bacaan subyek adalah pada
aspek kata tempat, kalimat perintah dan kalimat tanya dengan 5W dan 1K.
Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui permainan mencari
jejak berjalan dalam 2 siklus dengan penambahan beberapa metode seperti
pemberian reward, metode gambar, dan bimbingan individual sehingga dapat
mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu mencapai skor 65
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: