PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman dan kemampuan
membaca pemahaman melalui pendekatan kontekstual pada siswa tunarungu kelas V di SLB N 2 Bantul
Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dilakukan dengan tes hasil
belajar dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa
proses pembelajaran membaca pemahaman dan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas V di
SLB N 2 Bantul Yogyakarta dapat meningkat melalui pendekatan kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian,
peningkatan proses ditunjukan oleh: peningkatan partisipasi siswa selama pembelajaran, peningkatan kerjasama
dalam kelompok, dan keberanian siswa untuk menyampaikan pendapat. Peningkatan kemampuan membaca
pemahaman siswa ditunjukan dari peningkatan nilai rerata pada siklus I sebesar 23,13 yang kondisi awal 53,12
meningkat menjadi 76,25 dan peningkatan nilai rerata pada siklus II sebesar 34,38 yang kondisi awal 53,12
meningkat menjadi 87,50. Hasil penelitian siklus II menunjukan bahwa setiap subjek meningkat dan mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan sehingga tindakan dihentikan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: