PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) BHAKTI WIYATA KULON PROGO

Sina Dwi Permatasari, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui proses dan hasil peningkatan kemampuan membaca
permulaan siswa tunarungu kelas dasar II di SLB Bhakti Wiyata Kulon Progo melalui metode global.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus melalui tiga tahap, yaitu
perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi yang dilakukan selama 1 bulan. Subyek penelitian
2 siswa tunarungu kelas dasar II. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif, yaitu dengan
tabel presentase dan grafik. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu sebesar
70%. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dilakukan dalam 2 siklus, yaitu pada siklus I
dilakukan tindakan sebanyak 3 kali pertemuan dan 1 kali pertemuan untuk tes pasca tindakan siklus I.
Pada siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dan 1 kali pertemuan untuk
tes pasca tindakan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan metode global dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu. Dilihat dari hasil tes pra tindakan,
tes pasca tindakan siklus I, dan tes pasca tindakan siklus II yang telah mencapai KKM yang
ditetapkan. Subyek FM memperoleh nilai 50% pada tes pra tindakan, 72% pada tes pasca tindakan
siklus I, dan 86% pada tes pasca tindakan siklus II. Subyek KR memperoleh nilai sebesar 44% pada
tes pra tindakan, 62% pada tes pasca tindakan siklus I, dan 78% pada tes pasca tindakan siklus II.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter