PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN EDUKATIF “PANCING ANGKA” PADA ANAK AUTIS KELAS VII DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil kemampuan mengenal lambang
bilangan anak autis melalui permainan pancing angka pada kelas VII di SLB Autisma Dian Amanah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengumpulan data yang
digunakan adalah tes unjuk kerja dan observasi. Subjek penelitiannya adalah siswa autis berjumlah 1
orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan kegiatan permainan pancing angka maka
kemampuan mengenal lambang bilangan anak mengalami peningkatan. Pada siklus 1 subyek RAM
mengalami peningkatan pencapaian nilai sebesar 64,42. Setelah dilakukan perbaikan, pada siklus II
subyek RAM mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 34,61 dengan perolehan nilai sebesar 82,70
dari kriteria baik menjadi sangat baik. Adapun peningkatan proses dalam pembelajaran mengenal
lambang bilangan melalui permainan pancing angka yaitu subyek menjadi lebih aktif mengikuti proses
pembelajaran, terjadinya komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, subyek mampu
berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lebih lama dan subyek mampu menyelesaikan tugasnya secara
mandiri.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: