PENINGKATAN KEMAMPUAN MERANGKAI KALIMAT ANAK TUNARUNGU DI KELAS DASAR V SLB B KARNNAMANOHARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN I-CHAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan merangkai kalimat anak tunarungu di kelas Dasar
V di SLB B Karnnamanohara Yogyakarta melalui penggunaan media pembelajaran I-CHAT. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan
sebanyak 8 x pertemuan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan merangkai kalimat
siswa, observasi kinerja siswa dan guru, serta wawancara, dan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram, pengujian hipotesis dengan membandingkan rata-rata nilai siswa
untuk tes pra tindakan dan tes pasca tindakan 2. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran I-CHAT mampu
meningkatkan kemampuan merangkai kalimat siswa tunarungu kelas Dasar V. Hal tersebut dibuktikan dengan
adanya peningkatan skor dari rata-rata nilai 19 pada tes pra tindakan menjadi skor 53 pada tes pasca tindakan siklus
1, dan kembali meningkat menjadi skor 72 pada tes pasca tindakan siklus 2. Skor tersebut telah memenuhi
indikator keberhasilan yaitu nilai KKM minimal 65.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: