PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII SMPLB DI SLB TEGAR HARAPAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) bagi siswa tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB
di SLB Tegar Harapan Sleman, kendala yang muncul dari pihak guru dan siswa, serta upaya untuk
mengatasi kendala dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah
guru kelas VIII, Kepala Sekolah, dan 2 siswa kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini melalui reduksi data,
display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi data dan membercheck. Hasil penelitian menunjukan perencanaan pembelajaran
berpendekatan PBL meliputi: silabus dan RPP yang disesuaikan hasil asesmen dengan pemilihan
materi ajar yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Aktivitas pada pelaksanaan berupa siswa
mengetahui tujuan pembelajaran dan cakupan materi ajar, siswa belajar dalam kelompok kecil, dan
siswa menyelesaikan masalah yang dikemas dalam tugas belajar/soal dengan bimbingan guru. Guru
belum intensif dalam membuat catatan khusus sebagai hasil pengamatan perkembangan siswa.
Evaluasi pembelajaran berupa evaluasi proses dan evaluasi hasil, meliputi: penilaian kinerja, penilaian
potensi belajar, dan portofolio. Penilaian portofolio disajikan sebagai raport yang ditunjukkan pada
orangtua siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: