EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENULIS KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode multisensori terhadap kemampuan menulis anak
berkesulitan belajar menulis kelas II di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah
Single Subject Research (SSR) berdesain A – B. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis disajikan dalam
bentuk grafik dan tabel. Berdasarkan hasil penelitian terlihat adanya peningkatan persentase hasil tes kemampuan
menulis pada subjek. Persentase hasil target behavior subjek pada kondisi baseline (A) selama tiga sesi yaitu
41,67%, 25%, dan 33,33%. Terjadi peningkatan pada fase intervensi (B) selama enam sesi yaitu 58,33%, 66,67%,
50%, 75%, 83,33% dan 91,67%. Peningkatan ini didukung dengan persentase data overlap 0%. Hal ini
membuktikan bahwa metode multisensori efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis. Hasil
keseluruhan metode multisensori berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis anak berkesulitan belajar
menulis di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: