EFEKTIVITAS TEKNIK KONTRAK PERILAKU (BEHAVIORAL CONTRACTS) UNTUK MENGURANGI PERILAKU OFF TASK PADA SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) KELAS V DI SD 1 TRIRENGGO

Sumiarsih Sumiarsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik kontrak perilaku (behavioral contracts) untuk mengurangi perilaku off task pada siswa lamban belajar (slow learner) kelas V di SD 1 Trirenggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu A – B – A. Subjek penelitian ini adalah salah satu siswa lamban belajar kelas V SD yang memiliki perilaku off task. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi perilaku off task dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik kontrak perilaku efektif untuk mengurangi perilaku off task siswa lamban belajar kelas V di SD 1 Trirenggo. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya penurunan frekuensi dan durasi dari perilaku off task antara baseline-1 dengan baseline-2. Persentase overlap yang diperoleh pada analisis antarkondisi sebesar 0%, artinya, semakin sedikit data yang mengalami overlap maka semakin efektif intervensi yang dilakukan.
Kata kunci : teknik kontrak perilaku, perilaku off task, lamban belajar
Abstract This study aimed to examine the effectiveness of behavioral contracts techniques to reduce off-task behavior in class V slow learner at SD 1 Trirenggo. The type of research used in this study is Single Subject Research (SSR). The design used in this study was A - B – A. The subjects in this study were one of the grade V slow learner student who had off-task behavior. Data collection is carried out by observing off-task behavior and documentation. Data analysis used is descriptive analysis which is presented in the form of tables and graphs. The components analyzed are analysis in conditions and inter-condition analysis. The results showed that behavioral contracting techniques effective to reduce off-task behavior of students who are slow to learn grade V at SD 1 Trirenggo. This can be seen with a decrease in the frequency and duration of the off task behavior between baseline-1 and baseline-2. The percentage of overlap is 0%, meaning that the less data overlap then the more effective the intervention is carried out. Keywords: behavioral contracts techniques, off task behavior, slow learner


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter