PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA BLOCK DIENES BAGI ANAK AUTIS KELAS III DI SLB ISLAM QOTHRUNNADA

Siti Marfuah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media Block Dienes bagi anak autis kelas III di SLB Islam Qothrunnada. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu seorang anak autis kelas III yang belum mengenal konsep penjumlahan bilangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dilengkapi analisis kualitatif untuk membahas proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media block dienes dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan anak autis kelas III di SLB Islam Qothrunnada. Peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 7,5% dari kemampuan awal 60 menjadi 67,5%. Peningkatan tersebut diperoleh dari hasil tes kemampuan penjumlahan bilangan. Hasil siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, yaitu 75%. Peneliti dan guru merencanakan perbaikan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada siklus I, refleksi berupa menjelaskan kembali nilai tempat puluhan dan satuan serta menjelaskan kembali prosedur penggunaan media block Dienes, kemampuan penjumlahan subjek meningkat. Peningkatan pada siklus II sebesar 20%. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan: 1) memahami nilai tempat, 2) mengerjakan soal penjumlahan tanpa teknik menyimpan, 3) mengerjakan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan.
Kata kunci : penjumlahan, block Dienes, autis
Abstract This study aims to improve the ability of summing numbers in mathematics learning using block Dienes media for autistic children in class III at SLB Islam Qothrunnada. This research is a classroom action research. The research subject was an autistic child of class III who had not yet known the concept of number addition. This research was conducted in two cycles. Data collection is done by tests and observations. Data analysis used is quantitative descriptive with qualitative analysis to discuss the process. The results showed that the use of block Dienes media can improve the ability of the sum of autistic class III children in the SLB Islam Qothrunnada. The increase in the first cycle is 7.5% from the initial capacity of 60 to 67.5%. The increase was obtained from the results of the number addition ability test. The results of the first cycle have not met the minimum completeness criteria, which is 75%. Researchers and teachers plan improvements to overcome problems that occur in the first cycle, the results of the reflections made, by re-explaining the scores of dozens of places and units and re-explaining the procedure for using block Dienes, the ability to add subjects increases. The increase in cycle II is 20%. The increase is indicated by: 1) understanding the place value, 2) working on the addition problem without saving techniques, 3)working on the addition problem with saving techniques.
Keywords: addition, block Dienes, autism


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter