KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN STRIP STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V SD DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Strip Story terhadap kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas V SD di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan desain one group pretest and posttests design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga siswa tunarungu kelas V SD di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan statistik deskriptif yang disajikan dalam tabel dan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada nilai posttest setelah diberikan treatment media pembelajaran Strip Story. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menyusun kalimat pada siswa tunarungu. Hasil yang diperoleh masing-masing subjek dalam peningkatan nilai yakni pada subjek VG mengalami peningkatan nilai sebesar 6 menjadi 10 dengan kriteria sangat baik, subjek WF mengalami peningkatan nilai sebesar 6 menjadi 8 dengan kriteria baik, sedangkan subjek BT mengalami peningkatan nilai sebesar 5 menjadi 9 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan nilai tersebut telah menunjukkan adanya perubahan yang baik dan telah menunjukkan kemajuan terhadap menyusun kalimat. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Strip Story efektif terhadap kemampuan menyusun kalimat pada anak tunarungu kelas V SD di SLB Negeri 1 Kulon Progo.
Kata Kunci: menyusun kalimat, tunarungu, media pembelajaran strip story.
Abstract This study aims to determine the effectiveness of Strip Story learning media on the ability to compose sentences in Deaf in 5TH grade student Elementary School of SLB 1 Negeri 1 Kulon Progo.This study uses a quasi-experimental type with a quantitative approach. This research was conducted with the design of one group pretest and posttests design. The subjects in this study amounted is three deaf students at Elementary School of SLB Negeri 1 Kulon Progo. Data collection techniques are carried out by tests, observations and documentation. Data analysis in this study with descriptive statistics presented in tables and in the form of diagrams.The results of this study showed an increase in the posttest value after being given Strip Story learning media treatment. This increase is indicated by the increased ability to compile sentences in deaf students. The results obtained by each subject in increasing the value of the subject VG experienced an increase in the value of 6 to 10 with very good criteria, subject WF increased in value by 6 to 8 with good criteria, while subject BT experienced an increase in value of 5 to 9 with criteria are very good. The increase in value has shown a good change and has shown progress towards composing sentences. This increase shows that Strip Story learning media is effective on the ability to compile sentences in deaf children in grade 5TH Elementary School of SLB Negeri 1 Kulon Progo.
Keywords: composing sentences, deaf, strip story learning media.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: