PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP FOKUS PERHATIAN ANAK AUTIS KELAS IV DI SLB CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Fokus perhatian menjadi suatu persyaratan anak autis dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh puzzle terhadap fokus perhatian anak autis kelas IV di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal (Single Subject
Research). Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang anak autis kelas IV SLB Citra Mulia Mandiri. Desain penelitian ini adalah A-B-A’. Pengumpulan data menggunakan tes hasil observasi terhadap frekuensi perilaku siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan analisis dalam kondisi dan antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif puzzle terhadap kemampuan fokus perhatian anak autis kelas IV di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Hal ini ditunjukan dengan data tumpang tindih (overlap) dalam analisis data antar kondisi sebesar 0% pada kondisi Baseline (A1) dengan Intervensi (B), fase intervensi (B) dengan Baseline (A2), dan pada fase Baseline (A1) dengan Baseline (A2) sebesar 25%, serta peningkatan perubahan level sebanyak -3 poin pada fase intervensi dan peningkatan -1 poin pada fase Baseline (A2).
Adanya perubahan tersebut menunjukan bahwa puzzle berpengaruh positif terhadap kemampuan fokus perhatian anak autis kelas IV di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta, namun perubahannya kurang signifikan. Oleh karena itu, media puzzle sebaiknya diberikan kepada anak autis secara konsisten.
Kata Kunci : Puzzle, Kemampuan Fokus Perhatian, Anak Autis.
Abstract
Attention becomes a requirement for autistic children in carrying out teaching and learning activities. This study aims to determine the effect of Puzzle on attention of autistic children in class IV at SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta.
This research is a single subject experimental study (Single Subject Research). The subject in this study was an autistic child of class IV SLB Citra Mulia Mandiri. The design of this study was A-B-A. Data collection used test results from observations on the frequency of student behavior. Data analysis used is descriptive statistical analysis with the analysis in conditions and between conditions.
The results showed a positive influence on Puzzle on the ability to focus the attention of autistic children in grade IV at SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. This is indicated by overlapping data in the data analysis between conditions of 0% in the Baseline (A1) condition with Intervention (B), the intervention phase (B) with Baseline (A2), and in the Baseline (A1) phase with the Baseline (A2) of 25%, and an increase in level changes by -3 points in the intervention phase and an increase of -1 point in the Baseline phase (A2). The existence of these changes shows that the Puzzle Game has a positive effect on the ability to focus the attention of autistic children in grade IV at Citra Mulia Mandiri SLB Yogyakarta, but the changes are less significant. Therefore, the puzzle game media should be given to autistic children consistently.
Keywords: Puzzle, Attention Focus Ability, Autistic Children
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: