EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU POP-UP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA WIDYA MULIA PUNDONG
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui efektifitas penggunaan media buku pop-up terhadap
kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan keas II Sekolah Luar Biasa Widya Mulia Pundong.
Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Desain
eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan metode A1-B-A2 Subjek penelitian
merupakan seorang anak tunagrahita ringan kelas II dengan kondisi pemahaman yang kurang tentang huruf alfabet.
Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik
deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa menggunakan media buku pop-up efektif terhadap
kemampuan membaca permulaan untuk anak tunagrahita ringan. Hasil penelitian dapat dilihat dari rata-rata tes
kemampuan membaca permulaan pada fase baseline 1 mencapai 50,6% meningkat menjadi 82,4% pada fase
intervensi, dan 93,3% pada baseline 2. Data tumpang tindih (overlap) kemampuan membaca permulaan mencapai
0%. Hal ini menunjukkan bahwa media buku pop-up efektif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak
tungarhita ringan.
Kata kunci: media buku pop-up, kemampuan membaca permulaan, anak tunagrahita ringan.
Abstract
The purpose of this study was to determine the effectiveness of using pop-up books on the ability of mild
mentally retarded children in the Widya Mulia Pundong Special School II. . The approach used is a quantitative
research approach with a type of experimental research. The experimental design used is Single Subject Research
(SSR) with method A1-B-A2. Methods of collecting data using tests and observations. The data obtained were
analyzed using descriptive statistics. The results of the research obtained indicate that using pop-up media can
improve the ability of the subject to understand the concept of alphabet letters A-E. The results of the study can be
seen from the average initial reading ability test in the baseline phase 1 reaching 50.6%, increasing to 82.4% in the
intervention phase, and 93.3% at the baseline 2. Data overlapping the initial reading ability reached 0 %. This
shows that the pop-up book media is effective against the early reading ability in mild tungarhita children.
Keywords: pop-up media, initial reading ability,mild mentally retarded children.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: