PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGEMBANGAN DIRI MENCUCI TANGAN MELALUI MEDIA VIDEO PADA SISWA CEREBRAL PALSY

Nanda Syilvia Rahmah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan
pengembangan diri mencuci tangan melalui media video dan deskripsi proses mencuci tangan
melalui media video pada siswa cerebral palsy. Sumber data diperoleh dari narasumber yang
terlibat dalam pembelajaran keterampilan mencuci tangan yaitu guru kelas dan siswa kelas III
SDLB bagian tunadaksa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan
observasi. Hasil analisis data tersebut selanjutnya disusun dalam bentuk laporan dengan
teknik deskriptif kuantitatif, yaitu dengan cara mengambil populasi atau sampel tertentu yang
kemudian diuji dengan hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
media video dapat meningkatkan keterampilan pengembangan diri mencuci tangan pada
siswa cerebral palsy. Penggunaan media video dapat diterima oleh siswa karena media video
membuat siswa tertarik untuk belajar, menggambarkan suatu proses secara tepat, dan
meningkatkan motivasi belajar Selain itu, penggunaan media video juga efektif untuk guru
karena memudahkan dalam memberikan materi dan juga memudahkan dalam hal
memvisualisasikan materi secara jelas dan lengkap.
Kata kunci: cerebral palsy, media video, mencuci tangan
ABSTRACT
The purpose of this research is to know the self-development of skills improvement
hand washing through the medium of the video and the description of the process of hand
washing through the medium of video on student cerebral palsy. Source data obtained from
the interviewees involved in learning the skills of hand washing, namely master class and the
grade III elementary school special part physical disabilities. Data collection is done with the
interview, question form,and observation. The subsequent data analysis results compiled in
the form of reports with quantitative descriptive technique, i.e. by taking the population or a
specific sample that is then tested with a predetermined hypothesis. The results showed that
video media can improve the skills of self-development hand washing in students cerebral
palsy. The use of video media can be received by the student because of video media to make
students interested in learning, describes a process properly, and can encourage learning. In
addition, the use of video media is also effective for teachers because of the ease in providing
material and also make it easier to visualize in terms of material clearly and fully.
Keywords: cerebral palsy, video media, hand wash


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter