PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENJUMLAHAN DI KELAS TUNANETRA SLB MA’ARIF BANTUL
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persiapan, proses dan evaluasi pembelajaran
matematika penjumlahan pada siswa tunanetra di SLB Ma’arif Bantul. Penelitian ini bersifat
deskriptif-kualitatif dengan analisis persiapan, klasifikasi data dan kecenderungan hasil penelitian.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek
penelitian yaitu siswa tunanetra dan guru kelas yang mengajar di kelas tunanetra sebagai informan.
Hasil dari penelitian terdiri dari : 1) persiapan pembelajaran, guru menggunakan indikator
yang telah ada sebagai tujuan dari pembelajaran matematika penjumlahan. Materi yang diajarakan
sesuai dengan KI-KD yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Media yang dipergunakan
dengan potongan lidi dan sedotan. 2) Proses pembelajaran diawali dengan bernyanyi, serta
menghitung menggunakan sedotan dan lidi. Pembelajaran diawali dengan membuat kontrak kerja
antara guru dan murid, memberikan opsi antara guru atau siswa yang bertanya saat tanya jawab
pembelajaran, siswa bereksperimen dengan menghitung tralis di kelas tunanetra dari timur ke barat
dan kebalikannya, mengolah informasi dengan menganalogikan bilangan dengan benda, dan
mengkomunikasikan hasil pengamatan dengan tunjuk jari. Kegiatan penutup guru membuat
kesimpulan dengan bertanya kepada siswa secara bergantian dan menjelasakan pembelajaran
selanjutnya menggunakan media daun serta kerikil. Evaluasi menggunakan observasi dan
wawancara yang dilakukan pada saat proses pembelajaran dengan melihat siswa dalam
menggunakan media sedotan dan akhir pembelajaran matematika penjumlahan dengan melakukan
wawancara.
Kata Kunci : pembelajaran matematika penjumlahan, tunanetra.
Abstract
The purpose of this study was to describe the preparation, process and evaluation of the
addition of mathematics learning to visual impairment students in Ma'arif Bantul SLB. This research
was descriptive-qualitative with preparation analysis, data classification and tendency of research
results.
Data collection techniques use observation, interviews and documentation. Research
subjects were visual impairment students and classroom teachers who taught in the visual
impairment class as informants.
The results of the study consist of: 1) preparation of learning, the teacher uses existing
indicators as the goal of addition mathematics learning. The material taught is in accordance with
KI-KD that is adjusted to the ability of students. Media used with sticks and straws. 2) The learning
process begins with singing, and calculates using straws and sticks. Learning begins with making a
work contract between the teacher and students, giving the option between the teacher or students who asks when learning questions and answers, students experimenting with counting tralis in the visual impairment class from east to west and the opposite, processing information by analogizing numbers with objects, and communicating results observation with finger pointing. The closing activity of the teacher makes conclusions by asking students alternately and explaining the next learning using leaf and gravel media. Evaluation uses observations and interviews conducted during the learning process by looking at students in using media straws and the end of the summing mathematics learning by conducting interviews.
Keywords : mathematics addition, visual impairment.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: