PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN INTRAKURIKULER ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan dalam proses pembelajaran intrakurikuler anak tunagrahita ringan SMPLB (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa) di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah koordinator perpustakaan sekolah, guru dan siswa tunagrahita ringan kelas 7 SMPLB. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode dengan teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegiatan pemanfaatan perpustakaan sekolah yang dilakukan yaitu, memanfaatkan koleksi yang ada, bimbingan literasi siswa dan mengarahkan guru dan siswa ke perpustakaan; 2) pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan oleh guru kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) dalam proses pembelajaran intrakurikuler yakni dengan mencari referensi materi bahan ajar dan media ajar tambahan serta mengajak siswa untuk berkunjung ke perpustakaan; 3) pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan oleh siswa tunagrahita ringan SMPLB (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa) dilakukan dengan cara membuat majalah dinding (mading) bersama guru dan berkunjung ke perpustakaan dengan tujuan melaksankan perintah dari guru.
Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan sekolah, pembelajaran intrakurikuler, tunagrahita ringan.
Abstract
The purpose of this study was designed to described the use of library in the intra-curricular learning process of junior high school students with mild intellectual disability Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Yogyakarta.The research design in this study was descriptive research with qualitative approach. Informants in this research were coordinator of the school library, teacher and students class 7th junior high school with mild intellectual disability. The data was collected by using interviews, observation, and study documentation. The validity of data in this research using triangulation sources and methods and the data analysis was using using are data condensation, data display and conclusions: drawing/verifying. The results of this study showed that: 1) the use of school library which is executed are, using the existing collection in the library, student literacy and directing teachers and students to the library; 2) library utilization conducted by 7th grade teacher in the process of intracurricular learning by searching for reference materials and additional teaching materials and inviting students to visit the library; 3) library utilization conducted by junior high school students with mild intellectual disability is done by making magazine wall with the teacher and visit the library with the aim of implementing the instruction from the teacher.
Keyword: the use of school library, intra-curricular learning, mild intellectual disability.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: