PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN NILAI UANG MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN TINGKAT SMP DI SLB N 1 YOGYAKARTA

Eka Rida Agustin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan nilai uang pada peserta didik dengan
hambatan intelektual kategori ringan tingkat SMP. Penelitian ini dilakukan di SLB N 1 Yogyakarta.
Penelitian Tindakan Kelas menggunakan desain Kemmis Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian dilaksanakan
dengan tindakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 2 peserta didik perempuan dengan
hambatan intelektual kategori ringan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif
dengan metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan penggunaan nilai
uang berdasarkan hasil tes. Hasil tindakan siklus II masing-masing subjek mengalami peningkatan
dalam membedakan, menunjukkan, menyebutkan, menuliskan, dan mensimulasikan kegiatan
menabung, sehingga tindakan diberhentikan karena sudah mencapai indikator keberhasilan.
Peningkatan penggunaan nilai uang peserta didik dengan hambatan intelektual kategori ringan
ditunjukkan dengan subjek R meningkat 24,11% dan subjek H meningkat 22,33%.
Kata Kunci: penggunaan nilai uang, metode bermain peran, peserta didik dengan hambatan
intelektual.
Abstract
Research aims to increase the use of value of money for students with intellectual barriers of
the light category of junior high school. The research was carried in SLB Negeri 1 Yogyakarta.
Classroom Action Research uses Kemmis Mc design. Taggart which consists of 4 stages of
planning, implementation of action, observation, and reflection. The research was conducted by
action in two cycles. Research subjects amounted to 2 female students with light category
intellectual barriers. Technique of data analysis using quantitative descriptive with data collection
method using test and observation.The result of the research shows that the improvement of
improved skill use of money value based on the results of tests. The result of the second cycle action
of each subject has increased in differentiating, showing, mentioning, writing, and sorting currency
value, so action is dismissed because it has reached the indicator of success. Increased use of
students' money values with light category intellectual barriers is indicated by the subject R
increased by 24.11% and subject H increased by 22.33%.
Keywords: The use of money value, role-playing method, students with intellectual barriers.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter