KETRAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BRAILLE SISWA TUNANETRA KELAS IV DI SLB-A YAAT KLATEN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang keterampilan membaca dan menulis
Braille oleh siswa tunanetra kelas IV di SLB-A YAAT Klaten. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif dan penentuan subjek dengan menggunakan teknik
Purposif Sempling dengan karakteristik subjek siswa tunanetra kelas IV yang pernah mendapatkan
pembelajaran Braille dasar dan tidak memiliki hambatan tambahan. Prosedur penelitian yang digunakan
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan penelitian, pengolahan data, dan pembuatan laporan; sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data
penelitian dianalisis dengan teknik analisis Reduksi Data. Hasil penelitian yang diperoleh, subjek menguasai
9 indikator dari 20 indikator yang diteliti. 9 indikator tersebut diantaranya pemasangan reglet, pemindahan
posisi reglet, cara membaca Braille, menggunakan tekanan yang sedikit, mampu membaca dan mencari
pokok pikiran dalam kalimat, memulai menulis Braille, posisi stilus saat menulis, menulis menggunakan
tangan kanan, dan tangan kiri memandu jalannya stilus. Untuk indikator yang tidak dikuasai oleh subjek
diantaranya mengetahui fungsi tanda-tanda baca dan membuat titik Braille ganda atau kurang.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: