STUDI KASUS TENTANG PERILAKU MENARIK DIRI PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA KELAS 5 DI SD N WIDORO KABUPATEN KULONPROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang perilaku menarik diri pada anak berkesulitan membaca kelas 5 di SD N Widoro kabupaten Kulonprogo. Aspek yang diteliti yaitu perilaku menarik diri anak, faktor penyebab perilaku menarik diri, dan dinamika psikologis anak.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca yang dialami subjek berdampak pada interaksi sosial subjek yang sulit dilakukan pada teman dan guru. Munculnya perilaku menarik diri yang disertai rasa malu di sekolah sedangkan dirumah merasa lebih superior dengan adik dan ibunya. Faktor yang menyebabkan munculnya perilaku menarik diri adalah teman sebaya yang mengasingkan subjek dan hubungan yang kurang harmonis antara subjek dengan orangtua. Dinamika psikologis subjek ditunjukkan dengan perubahan perilaku dan kestabilan emosi, serta masalah motivasi yang kurang baik seperti gelisah, tidak tenang, mudah marah, dan bersikap kasar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: