PENINGKATAN KETERAMPILAN OTOMOTIF PELUMASAN RANTAI MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS X DI SLB NEGERI 1 SLEMAN
Abstract
Peneletian ini bertujuan untuk meningktatkan keterampilan otomotif pelumasan rantai melalui metode latihan
pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas X di SLB Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus masing-masing tiga kali pertemuan. Subjek
penelitiannya adalah siswa tunagrahita kategori sedang kelas X berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis deskriptif kuantitaf dan deskripstif kualitattif. Adapun proses pembelajarannya sebagai berikut: 1)
menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam melumasi rantai, 2) guru mempergakan
langkah-langkah melumasi rantai, 3) siswa menirukan langkah-langkah melumasi rantai yang telah dicontohkan guru,
4) siswa melakukan latihan langkah-langkah melumasi rantai secara mandiri, 5) guru melakukan evaluasi terhadap
proses dan hasil pelumassan rantai siswa. Peningkatan keterampilan otomotif pelumasan rantai pada siswa tunagrahita
kategori sedang dapat dilihat dari hasil tes pada siklus I yaitu subjek DS dari nilai pra tindakan 57,14 meningkat menjadi
85,71 pada pasca tindakan siklus II. Subjek RW dari nilai pra tindakan 67,86 meningkat menjadi 92,86 pasca tindakan
siklus II. Kesimpulan akhir adalah kedua subjek telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah
ditentukan yaitu 77. Oleh karena itu, metode latihan ini dapat meningkatkan keterampilan otomotif pelumasan rantai
pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas X.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: