PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BINA WICARA BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI 2 BANTUL

Bayu Nur Rohman, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik-teknik, metode, media, dan evaluasi
pembelajaran bina wicara di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini satu guru. Metode pengumpulan data
yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara. Kemudian analisis data dengan menyiapkan
data, pemeriksaan data dan pembeberan data. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bina wicara pada siswa tunarungu
terdiri dari: 1) Teknik-teknik yang meliputi latihan pra-wicara, melatih vokal dan memperbaiki fonem.
Teknik pra wicara yang digunakan guru yaitu dengan cara latihan pelemasan organ wicara menggunakan
alat bantu bola tenis meja yang dimasukkan botol (sudah dimodifikasi) dengan cara meniupnya. Teknik
memperbaiki ucapan fonem menggunakan jenis fonem /c/ dan /j/ dengan cara menghadap ke cermin dan
mengikuti ucapan guru diikuti dengan memegang tenggorokan guru dan siswa; 2) Metode terbagi
berdasarkan cara menyampaikan materi, berdasarkan modalitas yang dimiliki, dan berdasarkan fonetika.
Guru menggunakan metode berdasarkan cara penyajian materi yang di dalamnya terdapat metode global
berdiferensiasi dan analisis sintesis. Cara pembelajarannya menggunakan sebuah kalimat baru ke fonem
dan juga dari fonem baru ke kalimat; 3) Media yang digunakan guru meliputi speech trainer (untuk
membantu guru menyampaikan sebuah kata kepada siswa), bola tenis meja (untuk latihan pernafasan
dengan cara ditiup), kaca cermin (membantu membetulkan bentuk mulut dengan melihat bentuk mulut
guru), kartu kata (untuk latihan membaca), tisu (mengetahui besar dan kecilnya udara yang keluar dari
mulut), garpu tala (untuk membetulkan posisi lidah) dan handphone (untuk membantu siswa dalam
menambah kosa kata); 4) Pelaksanaan evaluasi dilakukan setelah proses pembelajaran dan di akhir
semester berupa tes kejelasan bicara.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter