PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA ANAK AUTIS KELAS III DI SLB MARDI MULYO BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan menggunakan metode drill pada anak autis kelas III di SLB Mardi Mulyo Kretek Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan desain penelitian milik Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak autis kelas III di SLB Mardi Mulyo Kretek Bantul. Penerapan metode drill memudahkan guru dalam penyampaian materi, guru semakin aktif membangun komunikasi dengan anak, dan interaksi antara guru dan anak dalam pembelajaran semakin terjalin. Anak mampu menebalkan beberapa pola huruf dengan mandiri dan lebih rapih, mulai mengikuti pola, dan intensitas guru memberikan bantuan berkurang. Anak menjadi lebih antusias dalam menerima pembelajaran, konsentrasi anak tidak mudah beralih, dan respon anak terhadap guru selama pembelajaran lebih baik. Perolehan skor yang diperoleh anak mengalami peningkatan dari 35 pada tes kemampuan awal (pre-test) menjadi 46,66 pada pasca siklus I dan 71,67 pada siklus II. Hasil observasi partisipasi anak mengalami peningkatan pada siklus I rata- rata skor yang diperoleh sebesar 68,75 dengan kategori baik meningkat menjadi 79,46 pada siklus II dengan kategori baik. Kemampuan menulis pemulaan meningkat sebesar 11,66 pada siklus I dan 36,67 pada siklus II. Pemberian tindakan dihentikan setelah hasil skor yang diperoleh anak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 65. Peningkatan kemampuan anak didukung oleh partisipasi anak selama pertemuan dan pembelajaran latihan menulis permulaan yang dilakukan secara intensif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: