PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MENGGUNAKAN MEDIA SCRAMBLE UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS II SD DI SLB N 2 BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda menggunakan media
scramble untuk siswa tunarungu kelas II B di SLB Negeri 2 Bantul. Jenis Penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak dua siklus. Subyek dalam penelitian adalah empat siswa tunarungu kelas II di SLB N 2 Bantul.
Pengumpulan data dilakukan secara tes dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik
analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian terjadi peningkatan penguasaan kosakata benda
menggunakan media scramble pada siswa tunarungu kelas II SD. Hasil tes pra tindakan rata-rata kelas
menunjukkan hasil 44,1 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 78,3% namun masih terdapat sat
subyek yang belum lulus kriteria. Siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 90,8%. Disimpulkan bahwa
peningkatan penguasaan kosakata benda anak tunarungu kelas II SD di SLB N 2 Bantul dapat
ditingkatkan menggunakan media scramble.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: