EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA BIG BOOKS DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SLB 1 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Big Books dalam pembelajaran keterampilan menyimak siswa tunarugu kelas IV di SLB 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A’. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa tunarungu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan tes tertulis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa analisis display grafik dan tabel. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan media Big Books dalam pemebelajaran keterampilan menyimak. Hal ini ditunjukkan dengan data yang tumpang tindih (overlap) dalam analisis A/B dan B/A’ sebesar 0% yang berarti semakin kecil presentase overlap menunjukkan semakin besar pengaruh terhadap target behavior. Hal ini juga didukung dengan adanya penurunan frekuensi kesalahan pada tes tertulis yang diperoleh kedua subjek selama fase baseline-1, intervensi dan baseline-2.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: