ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU NON PLB DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA ANALYSIS OF PEDAGOGIK COMPETENCY NON PLB STUDENT IN SLB COUNTRY YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki unjuk kinerja kompetensi pedagogik guru non PLB di SLB Negeri
Pembina Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif untuk
menganalisis kemampuan pedagogik guru non PLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dan pendekatan
kualitatif untuk menganalisis kendala serta upaya guru non PLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta dalam
melaksanakan kemampuan pedagogik.
Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta pada Juni 2017. Populasi dalam penelitian ini
merupakan guru non PLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta sebayak 15 guru. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan
teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: unjuk kinerja kompetensi pedagogik guru non PLB di SLBN Pembina
Yogyakarta mayoritas dalam kategori sangat baik yaitu sebanyak 11 guru (73,3%) dan 4 guru (26,7%) berada
dalam ketegori baik. Kendala yang dialami guru non PLB SLBN Pembina Yogyakarta antara lain: keberagaman
karakteristik peserta didik, keterbatasan sumber belajar, kurikulum yang tidak sesuai dengan ABK, minimnya
media pembelajaran untuk siswa ABK, assesment yang dilakukan tidak berjalan dengan baik, dan kesulitan
berkomunikasi dengan siswa ABK. Upaya yang dilakukan guru non PLB dalam menghadapi kendala unjuk kinerja
kompetensi pedagogik di SLBN Pembina Yogyakarta antara lain: pendekatan pribagi kepada peserta didik,
komunikasi dengan peserta didik, penerapan kurikulum yang sesuai kebutuhan siswa ABK, melakukan assessment
yang mendalam, dan mengikuti pelatihan atau diklat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: