PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA BONEKA JARI PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG

Winati Dyah Anjelia Putri, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata melalui media boneka jari pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas II SDLB di SLB N 1 Sleman. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas II SLB Negeri 1 Sleman. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tes pra tindakan siswa memperoleh nilai 56,67%. Setelah dilakukannya tindakan menggunakan media boneka jari, meningkat 14,33% pada siklus I dengan nilai 71,11% dengan kategori cukup. Pada siklus II siswa memperoleh nilai 84,81% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 28,14% dari nilai tes pra tindakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media boneka jari dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa tunagrahita kategori sedang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter