PENINGKATAN KETERAMPILAN OTOMOTIF SET CHAIN MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan otomotif set chain pada anak tunagrahita kategori ringan kelas XI di SLB BC YKGR Bayat dengan menggunakan metode latihan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini yaitu desain Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian adalah seorang siswa tunagrahita kategori ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, obeservasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu deskritif kuantitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan jika mencapai KKM sebesar 70%. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan otomotif set chain anak tunagrahita kategori ringan. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa dilakukan pra tindakan. Hasil pra tindakan menunjukkan kemampuan awal subyek belum mencapai KKM, subyek memperoleh skor sebesar 55%. Pembelajaran melalui metode latihan dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Pada tindakan siklus 1 diperoleh hasil rerata skor sebesar 67,55%. Tindakan siklus dua, siswa memperoleh rerata skor 84,64%. Tindakan pasca siklus 2 menunjukkan bahwa subyek mengalami peningkatan dan telah mencapai KKM 70% sehingga tindakan dihentikan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: