PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE MULTISENSORI PADA SISWA AUTIS KELAS V DI SLB LENTERA HARAPAN KLATEN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa autis
kelas V setelah diberikan pembelajaran dengan metode multisensori di SLB Lentera Harapan Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian dari
Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah kelas V di SLB Lentera Harapan Klaten. Data
dikumpulkan dengan observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kemampuan menulis
permulaan pada anak autis kelas V di SLB Lentera Harapan Klaten dapat meningkat melalui metode
multisensori. Hal ini dapat dilihat dari tes pasca tindakan yang diperoleh subyek pada siklus I
mengalami peningkatan sebesar 85,7% hasil ini diperoleh dari nilai pra tindakan yaitu 35 menjadi 65
pada pasca tindakan siklus I. Hasil siklus I belum memenuhi kriteria keberhasilan, yaitu 70. Peneliti
dan guru merencanakan perbaikan dan tindakan untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada
siklus I agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil observasi dan tes, subjek pada
awalnya mengalami permasalahan kemampuan menulis permulaan setelah mendapat tindakan,
kemampuan menulis permulaan meningkat. Peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 128,5% dari
kemampuan awal 35 menjadi 80.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: