PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENGURANGAN DENGAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SD NEGERI POJOK SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan proses pembelajaran operasi hitung pengurangan dengan menggunakan media sempoa, 2) meningkatkan hasil belajar operasi hitung pengurangan dengan menggunakan media sempoa pada siswa tunarungu kelas dasar II di SD Negeri Pojok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan berkolaborasi dengan guru pendamping khusus (GPK) siswa tunarungu kelas dasar II di SD Negeri Pojok Sleman Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah satu orang siswa. Desain penelitian ini menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan meningkatnya partisipasi belajar siswa selama proses pembelajaran dan kinerja guru meningkat dengan penyampaian kegiatan yang sesuai dengan rencana program pembelajaran yang telah disusun. Hasil tindakan II subjek mengalami peningkatan dan dapat melampaui nilai Keiteria Ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75 sehingga tindakan dihentikan karena sudah mencapai indicator keberhasilan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: