STUDI KASUS TENTANG AKOMODASI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS III DI SD N KARANGANYAR YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang akomodasi pembelajaran untuk siswa berkesulitan belajar matematika kelas III di SD N Karanganyar Yogyakarta. Aspek yang diteliti dalam akomodasi pembelajaran yaitu materi dan cara pengajaran, tugas dan penilaian, tuntutan waktu, dan lingkungan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD N Karanganyar Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III telah melakukan beberapa akomodasi pembelajaran. Akomodasi dalam materi dan cara pengajaran, guru telah membuat isyarat yang membangun perhatian siswa, menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami, mengulang penjelasan materi, memberikan akses materi dan menyoroti kata kunci materi pokok. Tugas dan penilaian, guru sudah menjelaskan dan mengulangi petunjuk tugas secara lisan serta membolehkan siswa menggunakan alat bantu hitung. Tuntutan waktu dan penjadwalan, guru sudah memberikan tambahan waktu dan membantu memfokuskan untuk mengelompokkan tugas dari mudah ke sulit. Lingkungan pembelajaran, guru memberikan keleluasaan gerak siswa untuk memperoleh posisi duduk yang nyaman, memberikan umpan balik secara lisan atau tulisan dan memberikan penghargaan verbal atau non verbal.
Kata kunci: akomodasi pembelajaran, siswa berkesulitan belajar matematika.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: