KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK KEYBOARD DASAR BAGI ANAK AUTISTIK DI SLB CITRA MULIA MANDIRI SLEMAN

Dwiky Akbar Pradani, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan bemain alat musik keyboard dasar bagi anak autistik di SLB Citra Mulia Mandiri Sleman. Pada aspek persiapan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu seorang guru keterampilan dan dua siswa autistik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan bermain alat musik keyboard dasar terdiri dari:1) persiapan a) tujuan dilakukan guru dengan cara rumuskan tujuan dengan mengkaji hasil assesmen yang dilakukan tim terapi musik b) materi; guru menetapkan materi pemebelajaran yaitu dengan cara mengenal tombol konfigurasi dan mengenal teknik penjarian dasar alat musik keyboard, c) media; dalam pembelajaran ini yaitu menggunakan tubuh anak itu sendiri yaitu jari tangan anak yang diberi nomor note angka cara dan guru menyiapka alat pendukung berupa keyboard elektric bermerek psr, spidol non-permanent, satu lembar kertas untuk media catat guru, roll cable, standpart keyboard, staker kontak listrik untuk adaptor keyboard, d) metode yang digunakan guru yaitu demonstrasi dan praktik langsung;2) pelaksanaan:a) pendahuluan: guru menyampikan tujuan kegiatan pembelajaran dengan cara memperkenalkan judul materi, mengatur posisi duduk subjek dengan cara subjek duduk di kursi dengan dihadapkan ke papan tuts keyboard namun tetap diberikan jarak sekitar 60cm dari subyek ke alat musik keyboard, guru mempersiapkan media pembelajaran berupa alat dan bahan yaitu spidol dan satu lembar kertas sebagai media catat guru; b)inti: guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode demontrasi dan praktik, guru mendemontasikan serta memperaktikan tombol konfigurasi on/off, intro, start-stop, main variation, break dan ending serta menjelaskan fungsi dari tiap tombol tersebut; c)penutup: melakukan kegiatan mengulang materi dengan cara, menginstruksikan kembali kepada subyek untuk mengulang materi yang sebelumnya didemontrasikan. Guru mengakhiri pembelajaran dengan meminta anak berdoa bersama; 3) evaluasi: evaluasi yang dilakukan guru yaitu dengan teknik tes jenis praktik dan teknik non-tes yaitu dengan jenis pengamatan atau/observasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter