UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPAKAIAN MELALUI METODE LATIHAN DAN REWARD PADA ANAK TUNANETRA KELAS 1 DI SLB A YAKETUNIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa tunanetra dalam berpakaian pada mata pelajaran Activity Daily Living (ADL) kelas I di SLB A Yaketunis melalui metode latihan dan reward.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas I di SLB A Yaketunis. Subjek penelitian adalah satu siswa tunanetra kelas I SLB A Yaketunis. Desain penelitian menggunakan desain dari Kemmis dan McTaggart. Pengumpulan data penelitian melalui metode tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam berpakaian melalui metode latihan dan reward. Hasil dari siklus I diperoleh data kemampuan berpakaian pra tindakan 52,08% dalam kategori kurang meningkat sebesar 20,83% menjadi 72,91% kategori cukup. Perbaiakan dilakukan pada siklus II yaitu mengurangi bantuan yang diberikan, menkondisikan siswa agar lebih fokus dan memberikan kesempatan siswa aktif bertanya apabila mengalami kesulitan. Hasil dari tindakan siklus II diketahui bahwa siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu pada kemampuan berpakaian meningkat sebesar 16,67% dari 72,91% menjadi 89,58% kategori baik. Kemampuan berpakaian siswa tunanetra kelas I SLB A Yaketunis Yogyakarta dapat meningkat setelah dilakukan tindakan melalui metode latihan dan reward.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: