PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SDIT LHI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan
kemampuan membaca permulaan melalui metode Struktur Analitik Sintetik (SAS). Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek pada
penelitian ini adalah kelas khusus untuk siswa tunagrahita ringan yang duduk di kelas II di SDIT LHI
Banguntapan Bantul Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Peningkatan proses pembelajaran
ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor partisipasi siswa dan kinerja guru pada tindakan siklus I
dan siklus II. Kemampuan membaca permulaan pada siswa tunagrahita ringan kelas khusus di SDIT
LHI Banguntapan Bantul Yogyakarta dapat meningkat melalui metode SAS. Hal ini dibuktikan
dengan adanya peningkatan setelah diberi tindakan. Subjek ZF memperoleh nilai 28% pada tes
sebelum tindakan, 67% pada tes sesudah tindakan siklus I, dan 73% pada tes sesudah tindakan siklus
II.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: