TINGKAT KECAKAPAN BERMAIN SEPAKBOLA DAN TEKNIK SEPAKBOLA PADA SISWA SEKOLAH SEPAKBOLA REAL MADRID FOUNDATION UNY USIA 14-15 TAHUN

Wahyu Aji Purnomo,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kecakapan bermain sepakbola
dan teknik sepakbola pada siswa SSB Real Madrid Foundation UNY usia 14-15 Tahun. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan tingkat kecakapan bermain sepakbola dan teknik sepakbola,
dengan metode survei dan teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa SSB Real Madrid Foundation UNY yang berjumlah 170 orang dari 7 kelas
berbeda. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling,
dengan kriteria, yaitu (1) siswa SSB Real Madrid Foundation UNY, (2) berusia 14-15 tahun, (3) berlatih
setiap 3 kali seminggu. Berdasarkan kriteria sampel tersebut yang memenuhi adalah 20 orang. Instrumen
yang digunakan untuk mengukur berupa tes keterampilan sepakbola (menggiring bola (dribbling),
passing-control, shooting, passing lambung, heading, dan juggling) (Nurhasan, 2001) dan pengembangan
tes kecakapan”David Lee” (Subagyo Irianto, 2010: 5). Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif presentase. Hasil penelitian tes pengembangan kecakapan David Lee dengan penilaian acuan
kriteria yaitu, sebanyak 1 siswa (5%) yang memperoleh nilai sangat baik, 11 siswa (55%) memperoleh
nilai baik, 7 siswa (35%) memperoleh nilai cukup, dan terdapat 1 siswa (5%) memperoleh nilai kurang.
Jika dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh, yaitu 39,72 berada pada interval 40,78-34,81 detik, maka
dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa tingkat kecakapan bermain sepakbola dan teknik sepakbola
pada siswa SSB Real Madrid Foundation UNY usia 14-15 tahun adalah baik.

Kata kunci: kecakapan, teknik sepakbola

 
Abstract
This study was conducted with the aim to determine the level of football playing skills and football
techniques on students SSB Real Madrid Foundation UNY age 14-15 Years. This research is a descriptive
study with the level of football playing skills and football techniques, with survey methods and data
collection techniques with tests and measurements. The population in this study were SSB Real Madrid
Foundation UNY students, amounting to 170 people from 7 different classes. The sampling technique in
this study used purposive sampling, with criteria, namely (1) students SSB Real Madrid Foundation UNY,
(2) aged 14-15 years, (3) practicing every 3 times a week. Based on the sample criteria that meet is 20
people. Instruments used to measure football skills (dribbling, passing-control, shooting, long passing,
heading, and juggling) (Nurhasan, 2001) and the development of the "David Lee" proficiency test
(Subagyo Irianto, 2010: 5 ). Data analysis technique used is descriptive percentage. The result of the test
of development of David Lee's proficiency with the criterion reference criterion is that 1 student (5%) get
very good score, 11 students (55%) get good score, 7 students (35%) get enough value, and there is 1
student (5%) scores less. When viewed from the average value obtained, that is 39.72 is in the interval
40.78-34.81 seconds, it can be concluded overall that the level of football playing skills and football
techniques on students SSB Real Madrid Foundation UNY ages 14-15 Year is good.
 
Keywords: skills, football techniques

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.