PENGARUH MODEL LATIHAN KOMBINASI DENGAN PENDEKATAN BAGIAN DAN KESELURUHAN DALAM SATU SIKLUS ATAU SATU PERIODE LATIHAN TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA SISWASSB CAKAR MAS BERBAH USIA 11-13 TAHUN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa sekolah sepakbola (SSB) Cakar
Mas Berbah Usia 11-13 Tahun dalam hal keterampilan menggiring bola masih
rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model latihan kombinasi dengan
pendekatan bagian dan keseluruhan dalam satu siklus atau satu periode latihan terhadap
keterampilan menggiring bola siswa SSB Cakar Mas Berbah usia 11-13 tahun.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah
siswa SSB Cakar Mas Berbah sebanyak 62 orang.Teknik Pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa SSB
Cakar Mas Berbah usia 11-13 tahun sebanyak 20 orang yang kemudian dibagi menjadi
kelompok A dan kelompok B menggunakan ordinal pairing berdasarkan hasil pretest
sehingga jumlah masing-masing kelompok adalah 10 siswa. Instrumen yang digunakan
adalahtes menggiring bola Bobby Charlton. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis
uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan dengan
model latihan kombinasi dengan pendekatan bagian dan keseluruhan dalam satu siklus atau
satu periode latihan terhadap keterampilan menggiring bola siswa SSB Cakar Mas Berbah
Usia 11-13 Tahun. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 1,541 hal ini
menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik
65.97% untuk keterampilan menggiring bola dibandingkan sebelum diberikan latihan.
Kata Kunci : latihan, metode, menggiring bola
THE INFLUENCE OF COMBINATION EXERCISE MODEL BY PARTIAL AND ENTIRE
APPROACH IN ONE EXERCISE CYCLE OR ONE EXERCISE PERIOD TOWARDS
SKILLS OF LEADING BALL OF STUDENTS OF SSB CAKAR MAS BERBAH AGED 11-13
YEARS OLD
Abtrack
This research was based on the ability of football school (SSB) students of Cakar Mas
Berbah aged 11-13 years old in subject of skills of leading ball was still low. This research
was aimed to know the influence of combination exercise model by partial and entire
approach in one exercise cycle or one period exercise towards skills of leading ball of
students of SSB Cakar Mas Berbah aged 11-13 years old.
Pengaruh Model............. Rama2
This was a quasi experimental research. This research population was students of SSB
Cakar Mas Berbah numbered 62. Sample taking technique in this research used a purposive
sampling. The research samples were students of SSB Cakar Mas Berbah aged 11-13 years
old numbered 20 then was divided into group A and group B using an ordinal pairing based
on a pretest result so that number of each group was 10 students. The instrument used was
test of Bobby Charlton leading ball. Data analysis technique used a t-test analysis.
This research results showed that there was a significant difference of exercise using a
combination exercise model by partial and entire approach in one cycle or one period of
exercise towards skills of leading ball of students of Cakar Mas Berbah aged 11-13 years old.
If viewed from Mean Difference number of 1.541 it showed that exercise performed was able
to provide better change of 65.97% for skills of leading ball compared with prior to be given
exercise.
Keywords: exercise, method, leading ball
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa sekolah sepakbola (SSB) Cakar
Mas Berbah Usia 11-13 Tahun dalam hal keterampilan menggiring bola masih
rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model latihan kombinasi dengan
pendekatan bagian dan keseluruhan dalam satu siklus atau satu periode latihan terhadap
keterampilan menggiring bola siswa SSB Cakar Mas Berbah usia 11-13 tahun.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah
siswa SSB Cakar Mas Berbah sebanyak 62 orang.Teknik Pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa SSB
Cakar Mas Berbah usia 11-13 tahun sebanyak 20 orang yang kemudian dibagi menjadi
kelompok A dan kelompok B menggunakan ordinal pairing berdasarkan hasil pretest
sehingga jumlah masing-masing kelompok adalah 10 siswa. Instrumen yang digunakan
adalahtes menggiring bola Bobby Charlton. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis
uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan dengan
model latihan kombinasi dengan pendekatan bagian dan keseluruhan dalam satu siklus atau
satu periode latihan terhadap keterampilan menggiring bola siswa SSB Cakar Mas Berbah
Usia 11-13 Tahun. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 1,541 hal ini
menunjukkan bahwa latihan yang dilakukan mampu memberikan perubahan yang lebih baik
65.97% untuk keterampilan menggiring bola dibandingkan sebelum diberikan latihan.
Kata Kunci : latihan, metode, menggiring bola
THE INFLUENCE OF COMBINATION EXERCISE MODEL BY PARTIAL AND ENTIRE
APPROACH IN ONE EXERCISE CYCLE OR ONE EXERCISE PERIOD TOWARDS
SKILLS OF LEADING BALL OF STUDENTS OF SSB CAKAR MAS BERBAH AGED 11-13
YEARS OLD
Abtrack
This research was based on the ability of football school (SSB) students of Cakar Mas
Berbah aged 11-13 years old in subject of skills of leading ball was still low. This research
was aimed to know the influence of combination exercise model by partial and entire
approach in one exercise cycle or one period exercise towards skills of leading ball of
students of SSB Cakar Mas Berbah aged 11-13 years old.
Pengaruh Model............. Rama2
This was a quasi experimental research. This research population was students of SSB
Cakar Mas Berbah numbered 62. Sample taking technique in this research used a purposive
sampling. The research samples were students of SSB Cakar Mas Berbah aged 11-13 years
old numbered 20 then was divided into group A and group B using an ordinal pairing based
on a pretest result so that number of each group was 10 students. The instrument used was
test of Bobby Charlton leading ball. Data analysis technique used a t-test analysis.
This research results showed that there was a significant difference of exercise using a
combination exercise model by partial and entire approach in one cycle or one period of
exercise towards skills of leading ball of students of Cakar Mas Berbah aged 11-13 years old.
If viewed from Mean Difference number of 1.541 it showed that exercise performed was able
to provide better change of 65.97% for skills of leading ball compared with prior to be given
exercise.
Keywords: exercise, method, leading ball
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.