PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED-GAMES TERHADAP KETERAMPILAN DASAR DALAM BERMAIN FUTSAL PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER FUTSAL DI MAN III SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided-games terhadap keterampilan dasar dalam bermain futsal siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di MAN III Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah one-group pretest-posttest
design. Populasi penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakulikuler futsal di Madrasah Aliyah Negeri III Sleman berjumlah 25 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes Keterampilan Futsal FIK Jogja. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis uji-t.
Hasil uji-t memperoleh t-hitung sebesar 3,71 > 2,10 (t-tabel) dan besar nilai signifikansi p 0,002 < 0,05, maka
Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan small sided-games terhadap keterampilan dasar dalam bermain futsal siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di MAN III Sleman. Apabila dilihat dari angka mean pretest 67,08 detik dan posttest 65,43 detik maka diperoleh angka perbedaan rerata 1,64 detik. Hal ini menunjukan perubahan yang lebih baik sebesar 2,45% (diperoleh dari perbedaan rerata dibagi mean pretest dikalikan 100%) dibandingkan sebelum diberikan latihan small sided-game.
Kata Kunci : small sided-games, keterampilan dasar futsal, peserta ekstrakulikuler
Abstract
This research aims to know the influence of small-sided games exercise against the basic skills in playing futsal students who follow the extracurricular futsal in MAN III Sleman.
This research is a research experiment. The method used is the one-group pretest-posttest design. This research population is students extracurricular participants futsal in Madrasah Aliyah III Sleman amounted to 25 people. The sample of this research totaled 18 people. The technique of sampling that is purpossive sampling. The instruments used are skills test Futsal FIK Jogja. Analytical techniques the analysis does is test-t.
Test results-t obtain t-count of 3.71>2.10 (t-table) and the great significance of p value 0.05<0.002, then Ho denied and Ha received, means significant effects from exercise small-sided games against basic skills in playing futsal students who follow the extracurricular futsal in MAN III Sleman. When seen from the figures mean pretest 65.43 seconds and posttest 67.08 seconds then obtained the mean difference numbers
1.64 seconds. This indicates a better change of 2.45% (obtained from the mean difference divided the mean pretest multiplied 100%) then before given exercises small sided-games.
Keywordsi: small sided-games, the basic skills of futsal, extracurricular participants
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.