Yohanesrindup@gmail.com
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi small-sided games under 12 berbasis android yang dapat
digunakan oleh pelatih sebagai panduan dan variasi latihan small-sided games yang akan diterapkan kedapa atlet.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan. Pengembangan
media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: Pengumpulan informasi, menganalisis hasil
informasi dan produk yang akan dikembangkan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi I, uji coba produk
dan Revisi II, pembuatan produk akhir. Subjek uji coba adalah mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga
konsentrasi sepakbola yang terdiri dari uji coba kelompok kecil sejumlah 30 mahasiswa dan uji coba kelompok besar
sejumlah 60 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian dan pengembangan
ini berupa angket atau kuisioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi small-sided games under 12 berbasis android layak digunakan
sebagai panduan dan variasi latihan small-sided games bagi pelatih. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penilaian yang
telah dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan. Hasil akhir penilaian dari ahli media dan ahli materi
dinyatakan layak setelah melewati beberapa tahapan revisi dan perbaikan yaitu penambahan menu petunjuk
penggunaan aplikasi, penambahan background aplikasi, perbaikan timer, penambahan menu pengertian small-sided
games, pencantuman sumber acuan, penambahan coaching point pada video, penambahan jumlah video, penambahan
profil dosen pembimbing. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat kategori “Baik” dengan persentase 86,69% dan hasil
uji coba kelompok besar mendapat kategori “Baik” dengan persentase 87,43%.
Kata kunci: Aplikasi, small-sided games, android.
ABSTRACT
The purpose of this research is to produce an application called ‘Small-sided Games under 12’ which is AN
android-based application that could be used by coaches as a mean and the variation of ‘small -sided games’ practices
which can be applied to the athletes.
This is a research and development thesis. There are some steps to develop this learning media; those are:
information gathering, information and product analyzing, product developing, validating and revising, testing and
revising, and product finishing. The subjects of this learning media are 30 students of Sport Coaching Education for
Football for the small test, and 60 students for the big test. The instrument used to gather the data is questionnaire. The
analysis technique used by the researcher is descriptive-statistics analysis.
The result of this research indicated that this kind of application is good to be used as a guideline and variation of
small-sided games practices which is used by the coach. This is demonstrated by several assessments made by media
experts, materials experts and field trials. The final result of the assessment from the media experts and material expert
was eligible after doing the revision steps, those are: adding application usage instruction menu and application
background, fixing timer, adding ‘small-sided games’ definition, list of references, adding coaching point in the video,
increase the number of the video, and advisor’s profile. The test result of the small group was categorized as ‘Good’
with 86,69%, and the big group was also categorized as ‘Good’ with 87,43%.
Keywords: application, small-sided games, android.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi small-sided games under 12 berbasis android yang dapat
digunakan oleh pelatih sebagai panduan dan variasi latihan small-sided games yang akan diterapkan kedapa atlet.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan. Pengembangan
media pembelajaran ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: Pengumpulan informasi, menganalisis hasil
informasi dan produk yang akan dikembangkan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi I, uji coba produk
dan Revisi II, pembuatan produk akhir. Subjek uji coba adalah mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga
konsentrasi sepakbola yang terdiri dari uji coba kelompok kecil sejumlah 30 mahasiswa dan uji coba kelompok besar
sejumlah 60 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian dan pengembangan
ini berupa angket atau kuisioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi small-sided games under 12 berbasis android layak digunakan
sebagai panduan dan variasi latihan small-sided games bagi pelatih. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penilaian yang
telah dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan. Hasil akhir penilaian dari ahli media dan ahli materi
dinyatakan layak setelah melewati beberapa tahapan revisi dan perbaikan yaitu penambahan menu petunjuk
penggunaan aplikasi, penambahan background aplikasi, perbaikan timer, penambahan menu pengertian small-sided
games, pencantuman sumber acuan, penambahan coaching point pada video, penambahan jumlah video, penambahan
profil dosen pembimbing. Hasil uji coba kelompok kecil mendapat kategori “Baik” dengan persentase 86,69% dan hasil
uji coba kelompok besar mendapat kategori “Baik” dengan persentase 87,43%.
Kata kunci: Aplikasi, small-sided games, android.
ABSTRACT
The purpose of this research is to produce an application called ‘Small-sided Games under 12’ which is AN
android-based application that could be used by coaches as a mean and the variation of ‘small -sided games’ practices
which can be applied to the athletes.
This is a research and development thesis. There are some steps to develop this learning media; those are:
information gathering, information and product analyzing, product developing, validating and revising, testing and
revising, and product finishing. The subjects of this learning media are 30 students of Sport Coaching Education for
Football for the small test, and 60 students for the big test. The instrument used to gather the data is questionnaire. The
analysis technique used by the researcher is descriptive-statistics analysis.
The result of this research indicated that this kind of application is good to be used as a guideline and variation of
small-sided games practices which is used by the coach. This is demonstrated by several assessments made by media
experts, materials experts and field trials. The final result of the assessment from the media experts and material expert
was eligible after doing the revision steps, those are: adding application usage instruction menu and application
background, fixing timer, adding ‘small-sided games’ definition, list of references, adding coaching point in the video,
increase the number of the video, and advisor’s profile. The test result of the small group was categorized as ‘Good’
with 86,69%, and the big group was also categorized as ‘Good’ with 87,43%.
Keywords: application, small-sided games, android.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.